Sepasang Muda-mudi Tertangkap Mencopet di Stasiun Tanah Abang Jakarta

blogger templates
PERJALANAN saya menuju kantor hari ini dihiasi dengan peristiwa tertangkapnya sepasang anak muda yang mencopet di Commuter Line dan tertangkap di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis, 1/2/2018.
Karena saya tidak sempat memotret adegan siang ini, maka saya unggah foto ilustrasi Pencopet tertangkap dari Kamarberita.com


Seperti biasa, sesampai Stasiun Tanah Abang setelah menempuh perjalanan dari Stasiun Pondok Cina (Pocin), saya langsung berdiri dan meraih pegangan tangan kereta. Untung, hari ini saya dapat tempat duduk setelah sempat berdiri dari Stasiun Pocin sampai Stasiun Manggarai. Ketika turun, saya dalam keadaan memegang HP sendiri dan menggendong tas di depan. 

Persis, setelah turun, ada remaja putri memakai jilbab putih dan menggendong tas putih (dalam posisi menggendong di belakang) agak gugup kemudian teriak,"Wah.. HP saya mana nih". Langsung dia mulai teriak-teriak, "Copet-copet...", sambil berjalan menuju lift Stasiun Tanah Abang di sebelah utara.

Saya bisa menggambarkan keadaan Mbak itu karena saya persis ada di depan mbak tersebut. Dalam hati saya sempat agak kaget juga, dan sedikit menghindar untuk tidak mendekat karena takut nanti malah saya yang disangka copet. Sontak saya langsung bilang, "Teriak aja yang keras mbak... siapa tahu copetnya masih ada di depan dan sedang naik eskalator". Langsung saja orang-orang yang turun dari kereta fokus kepada mbak-mbak yang teriak itu. Tak kalah sigap, petugas keamanan Stasiun agak menahan orang-orang yang mau naik eskalator.

Beberapa langkah menuju utara dan mendekati eskalator, ada yang menemukan charger putih dan kartu kereta mbak yang kecopetan. Saya mengikuti dari belakang aksi mbak yang kecopetan mencari sang pencopet. Melihat chargernya ditemukan, mbak itu teriak lebih keras dan semua pandangan orang-orang terarah ke eskalator tempat orang-orang naik. Orang-orang yang berada di eskalator pun juga melihat ke belakang dan tampak Petugas Keamanan Stasiun menyisir satu persatu orang-orang yang dianggap mencurigakan. 

Syukurlah, petugas keamanan langsung mulai menahan laju orang-orang yang naik eskalator. Dan tak disangka, petugas bisa menangkap pencopetnya. Sepasang muda-mudi berbadan kurus, yang cewek memakai baju kaos merah dengan alis tebal agak terlihat bingung. Namun si cowok yang memakai kaos abu-abu dengan potongan cepak terlihat menyembunyikan tangan kanannya di belakang tas gendongannya. Dengan sigap petugas langsung memegang tangan kanan sang cowok dan menemukan HP itu. Setelah dikroscek di samping eskalator dengan mbak yang kecopetan, rupanya benar bahwa HP itu miliknya dan digelandanglah Pencopet Pria itu ke kantor Stasiun.

Untung saja, Mbak itu akhirnya menemukan HP-nya kembali dan mungkin juga "untung" juga buat Si Pencopet. Walaupun orang-orang sudah pada teriak-teriak, "Bakar-bakar, pukul-pukul, tendang-tendang...", namun orang-orang hanya teriak saja dan tidak ada yang melakukan aksinya, sehingga Sang Pencopet tidak tergena bogem mentah.

Ada pelajaran menarik dari peristiwa ini:
1. Tolong... kalau bawa Tas Gedong di kereta, gendonglah tas itu di depan, jangan di belakang. Kalau di belakang, akan memudahkan orang atau pencopet mengambil barang anda.

2. Untung saja Mbak-mbak itu langsung teriak-teriak dan membuat gugup si Pencopet sehingga wajahnya yang ketakutan terlihat oleh para Petugas. Maka kalau anda kecopetan... jika sadar atau mengetahui tragedi itu, teriaklah supaya orang-orang dapat membantu Anda. Tapi ingat... hal ini hanya bisa dilakukan di Stasiun atau tempat-tempat yang ada Petugas Keamanannya. Jika di tempat lain yang kurang aman... atau tidak ada petugas keamanannya, anda harus lebih berhati-hati untuk teriak. 

3. Seaman-amannya moda transportasi, tetaplah WASPADA dan HATI-HATI dalam perjalanan anda.

4. Untuk para pencopet... tolong... jangan macam-macam lagi mencopet di kereta. Anda bisa dengan mudah tertangkap karena Stasiun dijaga oleh banyak Petugas Keamanan. Dan kalau anda ingin kabur... pasti akan kesusahan karena ruang gerak anda terbatas. Syukur-syukur anda tidak dipukuli atau langsung lari... lha kalau lari... pas ada kereta... bisa mati tertabrak kereta tuh anda.
Di eskalator sebelah utara inilah Sang Pencopet akhirnya tertangkap. Sumber Foto: Kompas.com


Demikian sharing pengalaman saya hari ini.

Salam,
NendroSa

0 Response to "Sepasang Muda-mudi Tertangkap Mencopet di Stasiun Tanah Abang Jakarta"

Posting Komentar